Mempersiapkan hari pernikahan bisa menjadi sangat melelahkan karena begitu menguras pikiran dan tenaga. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan calon pengantin jatuh sakit karena kesibukan dan stres yang dialami menjelang hari pernikahan. Nah, agar terhindar dari hal-hal tersebut, yuk terapkan 7 cara sehat berikut untuk cegah sakit menjelang pernikahan!

Jaga Pola Makan

Jaga Pola Makan
source: https://freepik.com/

Agar tak terserang sakit sebelum pernikahan, calon pengantin perlu menjaga pola makan dan lebih memperhatikan apa yang dikonsumsinya. Pola makan yang tidak teratur dan seringnya mengonsumsi makanan tidak sehat bisa mengakibatkan tubuh menjadi gampang sakit, terutama di tengah-tengah kesibukan mempersiapkan pernikahan. Menjaga pola makan tetap teratur dan meningkatkan kualitas makanan akan memberikan energi lebih untuk menghadapi stres yang lumrah terjadi saat mempersiapkan pernikahan.

baca juga

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih
source: https://pexels.com/

Jika kamu ingin mendapatkan kulit yang tampak sehat dan segar di hari pernikahanmu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Selain itu, jika kamu merasa letih dan hilang stamina akibat sibuk mempersiapkan hari istimewamu, air putih dapat membantu me-refresh sekaligus mendetoksifikasi tubuh agar kembali fit.

Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup
source: https://freepik.com/

Hingga pernikahanmu terlaksana, hindari dulu menonton drama series secara maraton hingga larut malam. Tidur yang cukup di malam hari merupakan cara terbaik untuk mengembalikan tenaga dan mengistirahatkan pikiran agar kamu tetap sehat menjelang pernikahan. Jika kamu merasa tidak enak badan karena kesibukan dan stress yang dialami, cobalah tidur lebih awal agar tubuhmu mendapatkan istirahat yang cukup.

baca juga

Kendalikan Stressmu

Kendalikan Stressmu
source: https://freepik.com/

Mengalami stres saat mempersiapkan hari pernikahan sangat rentan dialami oleh calon pengantin. Agar stress-mu tak semakin parah dan mengakibatkan jatuh sakit, lakukan self-care disela-sela kesibukanmu seperti melakukan spa, mandi air hangat atau hal-hal lain yang membuatmu lebih rileks.

Stress tak hanya dapat membuatmu jatuh sakit, namun juga dapat mempengaruhi penampilan. Jika terus berlarut-larut dalam stres, kulitmu dapat terlihat letih, kusam dan kantung mata hitam pun mulai terlihat.

Olahraga

Olahraga
source: https://freepik.com/

Meski tidak disarankan melakukannya secara berlebihan, kamu perlu rutin berolahraga karena aktivitas ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Menjelang pernikahan, olahraga identik dengan usaha menurunkan berat badan. Namun di samping itu, olahraga juga akan membuat fisikmu lebih bugar sehingga kamu lebih baik dalam menangani stress. 

Namun sebaiknya lakukan olahraga sesuai kemampuan ya, Ladies. Sebab beralih melakukan olahraga berat secara drastis padahal tidak biasa melakukannya justru dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Jangan Ubah Gaya Hidup secara Drastis

Jangan Ubah Gaya Hidup secara Drastis
source: https://freepik.com/

Seperti yang disebutkan sebelumnya, beralih pada gaya hidup baru secara drastis dapat berakibat buruk pada kesehatan. Jika hari pernikahanmu masih dalam hitungan bulan ke depan, kamu mungkin dapat mengubah kebiasaanmu secara perlahan sehingga akibat-akibat buruk itu mungkin dapat dihindari. Namun waktunya sudah mepet, hindari melakukan olahraga atau diet yang ekstrim agar tubuhmu tidak "kaget" dan stres, kemudian membuatmu jatuh sakit sebelum pernikahan. 

Jaga Jarak dengan Orang Sakit

Jaga Jarak dengan Orang Sakit
source: https://freepik.com/

Cara terbaik untuk cegah sakit menjelang pernikahan adalah dengan menghindari orang-orang yang sedang sakit. Jika salah satu temanmu sedang terbaring sakit karena flu parah, sebaiknya tunda agenda menjenguknya sampai acara pernikahanmu selesai digelar. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya rajin mencuci tangan setelah pergi ke tempat umum untuk mencegah tertular penyakit dari orang lain. Hindari pula sembarangan mengucek mata karena hal ini bisa membuatmu tertular flu dengan mudah. Kamu pasti enggak ingin dong bersin-bersin karena flu di hari istimewamu?

Semoga tips di atas bisa membuatmu fit dan sehat di hari pernikahan ya, Ladies

Sumber: easyweddings.com.au