Sebelum Hijrah Hingga Salmafina Sunan Menikah

source: Instagram/salmafinasunan
source: Instagram/taqy_malik (now deleted) via idntimes.com

Populer di Instagram, Salmafina Khairunnisa atau yang lebih dikenal dengan nama Salmafina Sunan berhasil menarik perhatian masyarakat luas ketika dirinya menikah dengan Taqiyuddin Malik (Taqy Malik) pada 16 September 2017. Kala itu, ia baru berusia 18 tahun, yang mana selisih dua tahun lebih muda dari Taqy. Menikah dengan jalur taaruf alias tanpa pacaran, keduanya kemudian dielu-elukan banyak generasi muda hijrah sebagai couple goals atau relationship goals.

Bukan hanya keberaniannya dalam menikah muda, wanita yang akrab disapa Alma ini juga mendapat banyak pujian karena mantap dalam berhijrah. Sebelumnya, Alma diketahui dekat dengan kehidupan glamor, ia bahkan berteman cukup baik dengan selebgram Awkarin yang dikenal memiliki gaya hidup rebel dan mewah. Salmafina Sunan yang dulunya gemar berpakaian pas badan, dalam sekejap mengubah selera pakaiannya menjadi baju-baju panjang dan longgar serta tak ketinggalan kerudung yang menjulur sampai ke dada.

Salmafina Sunan Cerai

source: Instagram/salmafinasunan_alma

Sayangnya, apa yang tampaknya sempurna di luar itu ternyata menyimpan bom waktu. Pernikahan Salma-Taqy nyatanya hanya seumur jagung. Hari-hari kebersamaan mereka bahkan sebenarnya hanya berlangsung sementara. Keduanya menjalani hubungan jarak jauh karena Taqy menempuh pendidikan ke Mesir selang lima hari setelah akad nikah.

Pada 20 November 2017 Taqy mengugat cerai Salmafina Sunan melalui telepon. Maka tidak mengherankan, putri dari pengacara kondang Sunan Kalijaga ini kemudian mengalami shock dan sempat jatuh sakit. Menurut kabar yang beredar, alasan Taqy menceraikannya karena Salmafina tidak mau menuruti kata-katanya untuk memakai rok.

Namun lebih dari itu, kemungkinan besar alasan sebenarnya adalah Salmafina belum siap dengan perubahan drastis dalam hidupnya, demikian pula dengan Taqy. Salmafina belum siap menerima gaya hidup Taqy yang sangat agamis dan Taqy belum siap menerima gaya hidup Salmafina yang cenderung bebas. Sekadar catatan pengingat, Taqy sendiri populer di kalangan anak muda hijrah karena ia seorang hafidz Quran dengan penampilan sehari-hari yang modis dan aktif pula sebagai Youtuber.

baca juga

Salmafina Sunan Lepas Hijab

source: Instagram/salmafinasunan
source: Instagram/salmafinasunan

Buntut dari perceraian Salma-Taqy rupanya tak kalah mengejutkan. Untuk beberapa saat, Salmafina masih mempertahankan identitasnya sebagai muslimah berhijab dengan tetap memperhatikan gaya fashion kekinian. Ia bahkan masih menunjukkan foto nge-gym dengan pakaian hijab.

Siapa sangka Salmafina Sunan akhirnya memilih lepas hijab. 19 Februari 2019, Salmafina mengunggah foto di Instagram saat dirinya nge-gym tanpa kerudung. Selain karena terpukul mengalami perceraian, keputusannya ini diduga karena beratnya tekanan publik yang kecewa padanya. Hingga saat ini, Salmafina Sunan telah terang-terangan tampil publik tanpa hijab.

Salmafina Sunan Diisukan Pindah Agama

Salmafina Sunan Diisukan Pindah Agama
source: https://www.instagram.com/salmafinasunan/

Publik mungkin mengira sampai di situ saja Salmafina akan bertindak untuk mengatasi segala problem rumit dalam hidupnya. Tapi rupanya wanita kelahiran 13 Agustus 1999 ini kembali dengan kabar yang tak kalah mengejutkan.

Setelah mengalami kejar-kejaran dengan para pemburu berita, kini dengan percaya diri Salmafina mengakui dirinya telah berpindah agama. Hal itu salah satunya terbukti dari bio di Instagram pribadinya yang menyebutkan sebuah ayat tentang Tuhan dalam Bibel yaitu Isaiah 58:11.

Bagi umat Islam, keputusan pindah agama Salmafina merupakan hal yang disayangkan. Bagi umat Kristen, keputusan pindah agama Salmafina merupakan hal yang patut disyukuri. Namun di atas semua itu, dalam lubuk hati terdalam kita semua bisa menerima perbedaan ini dengan hati lapang. Iya, kan?

Sebagai penutup, dari segala perubahan drastis Salmafina Sunan sebenarnya terkandung hikmah untuk mengambil langkah bertahap sebelum siap dengan suatu keputusan penting dalam hidup. Alih-alih mengubah drastis seluruh gaya hidup, lakukan sedikit demi sedikit.

Misalnya mau hijrah menjadi vegetarian, pertama bisa kurangi konsumsi daging dari seminggu sekali, sebulan sekali, sampai akhirnya tidak sama sekali. Begitu pula jika mau hijrah menjadi hijaber, ya, semua sebenarnya perlu dilakukan bertahap juga. Semoga bermanfaat!