Pori-pori wajah yang besar menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan kaum hawa. Sama dengan jerawat, selain mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang besar juga membuat kulit tidak sehat serta mengurangi rasa percaya diri.

Pori-pori wajah yang besar membuat wajah menjadi mudah berminyak dan membuat tampilan makeup terlihat tidak rata atau sempurna. 

Tak ayal, untuk menutupinya, biasanya wanita melakukan cara instan dengan mengaplikasikan makeup. Padahal, cara tersebut akan percuma dan tidak berlangsung lama. Sebab, setelah dibersihkan, pori-pori wajah kembali seperti semula. Sebaliknya, penggunaan makeup ini belakangan justru membuat pori-pori wajah semakin membesar. 

4 Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah yang membesar disebabkan berbagai faktor. Pertama, produksi sebum yang berlebih. Sebum bermanfaat menjaga kelembapan kulit dan membantu kulit menyerap nutrisi.

Akan tetapi, produksi sebum yang berlebihan juga dapat menimbulkan masalah pada kulit. Salah satunya, pori-pori menjadi membesar dan kusam, yang pada akhirnya menyebabkan jerawat. 
4 Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Kedua, faktor usia. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya dan pori-pori terlihat lebih besar. Penyebabnya, produksi kolagen yang mulai melambat, sehingga kekencangan kulit menjadi berkurang. 

Ketiga, keturunan atau genetik. Gampangnya bila kamu memiliki orang tua yang mempunyai pori-pori besar, kemungkinan besar pori-pori wajahmu juga besar. Tak hanya itu, orang kulit putih cenderung memiliki pori-pori lebih kecil dibandingkan orang kulit gelap. Begitu juga jenis kulit berminyak memiliki pori-pori lebih besar daripada kulit kering serta kulit sensitif. 

baca juga
4 Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Keempat, faktor eksternal. Faktor ini sering dilakukan, di antaranya meliputi makanan yang dikonsumsi, paparan sinar matahari yang terus-menerus, stres, pemilihan produk perawatan wajah yang salah, dan pemakaian makeup yang tidak diimbangi dengan metode pembersihan yang tepat. 

Karena itu, bagi kamu yang suka memakai makeup, disarankan untuk membersihkan wajah hingga bersih setelah beraktivitas atau sebelum tidur. Sebab, kotoran atau debu yang menempal di wajah dapat bersarang di pori-pori, yang akhirnya membuat pori-pori membesar dan timbul jerawat.