Vietnam

Vietnam
source: https://www.dailymaverick.co.za/wp-content/uploads/Mills-Lessons-from-Vietnam-MAIN-PHOTO-1600x946.jpg
Ladies, tahukah kamu jika melakukan penggelapan di Vietnam dengan jumlah di atas 500 juta Dong atau lebih memiliki konsekuensi ditembak mati? Selain itu, Vietnam juga dapat menghukum mati pejabat jika ia menerima suap lebih dari 300 juta Dong, lho.

Pejabat negara yang terbukti melakukan perdagangan lintas batas secara ilegal, juga akan menerima hukuman yang sangat serius. Quang Khai adalah salah satu pejabat negara yang dihukum mati karena melakukan tindakan korupsi.

Singapura

Singapura
source: https://www.qantas.com/content/travelinsider/en/travel-tips/here-s-what-not-to-do-in-singapore/_jcr_content/parsysTop/hero.img.full.medium.jpg/1533780700103.jpg
Meskipun negara kecil, Singapura adalah negara maju dengan masyarakat yang makmur. Selain itu, Singapura masuk dalam negara dengan korupsi terendah. Hal ini dikarenakan hukumannya yang menyeramkan, yaitu hukuman mati.

Pada periode 1994-1999 hukuman mati telah dilakukan kepada lebih dari seribu orang. Tidak hanya korupsi dijatuhi hukuman mati, para pembunuh, perdagangan narkoba, dan kejahatan tingkat atas lainnya juga bisa mengancam hukuman mati.
baca juga

Thailand

Thailand
source: https://www.croda.com/mediaassets/images/corporate/careers/our-locations/asia/bangkok.jpg?la=en-gb&w=1920&focalpointcrop=1&xratio=0&yratio=0&hash=FF24BDB3D49FEEFBC15DE8EBA1E5FB203274EE3C
Selanjutnya adalah Thailand. Negara yang dipimpin oleh seorang raja ini memiliki hukum untuk mengeksekusi pejabat pemerintah, dewan perwakilan, pejabat pengadilan, dan bahkan jaksa apabila mereka ketahuan menerima suap. Pada bulan Juli 2015 lalu, anggota parlemen mengamandemen UU Anti-Korupsi untuk memperluas hukuman mati kepada pejabat asing dan staf organisasi internasional yang melakukan suap.

Tiongkok

Tiongkok
source: https://www.fairobserver.com/wp-content/uploads/2019/09/China.jpg
Tiongkok adalah negara pelopor hukuman mati terhadap pejabat yang melakukan korupsi. Bagi siapapun yang melakukan tindakan nepotisme, korupsi, dan suap sejumlah lebih dari USD 193 juta, maka pemerintah berhak menghukum mati pejabat tersebut.

Salah satu pejabat yang pernah dihukum mati karena korupsi adalah, Ministry of Railways, Liu Zhijun, yang dijatuhi hukuman mati karena korupsi sebesar USD 13 juta dari periode 1986- 2011. Selain itu ada banyak pejabat lain yang telah dijatuhi hukuman mati.
baca juga

Korea Utara

Korea Utara
source: https://nationalinterest.org/sites/default/files/styles/desktop__1260_/public/main_images/T46%20%281%29.jpg?itok=KtDPQn4v
Kim Jong-Un, pemimpin negara sosialis-komunis memiliki cara yang paling mengerikan dalam mengeksekusi para koruptor. Ini terbukti setelah Kim mengeksekusi pamannya, Jang Song Tjaek dalam kandang anjing Herder German Sheperd yang sedang kelaparan.

Ia dibiarkan berada di kandang tersebut selama 5 hari dengan jumlah lebih dari 120 anjing. Anjing yang kelaparan itu kemudian merobek tubuh pamannya dan pejabat lain dipaksa untuk menyaksikan rama pembunuhan sadis tersebut.

Song Thaek dieksekusi atas tuduhan berlapis, seperti korupsi dan bermaksud untuk menggulingkan kekuasaan dalam kepemimpinan Partai Komunis di Korea Utara. Selain Song, ada banyak pejabat lain yang telah mengeksekusi berbagai alasan, bukan hanya karena korupsi.