Memiliki ketiak putih dan mulus tentu menjadi dambaan banyak wanita. Meski posisi ketiak berada di dalam, bukan berarti kita abai tak merawatnya. Warna kulit ketiak seharusnya sama dengan warna kulit di bagian tubuh lain. Namun, pada beberapa kasus, kulit ketiak menjadi hitam. 

Ada berbagai hal penyebab ketiak hitam, seperti teknik mencukur yang salah, penggunaan deodoran yang tidak cocok, dan lain-lain. Ketiak hitam tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuat tidak percaya diri, terlebih saat mengenakan pakaian tanpa lengan. 

Lantas, bagaimana cara mencerahkan kulit ketiak? Sebetulnya, terdapat banyak cara untuk memutihkan ketiak, tapi cara yang paling aman adalah menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini dapat kamu gunakan dua kali dalam seminggu.

Berikut ini bahan-bahan alami yang terbukti ampuh membuat ketiak putih dengan cepat. Tak perlu, bahan-bahan ini juga mudah ditemui di rumah. 

Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon dan jeruk nipis terbukti ampuh mencerah ketiak serta mengangkat sel kulit mati. Caranya mudah, potong lemon atau jeruk nipis secara tipis-tipis, lalu gosokan pada area ketiak yang gelap hingga merata. 

Kemudian, diamkan sampai mengering kira-kira 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Kamu dapat melakukan hal ini tiga kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering melakukannya karena dapat membuat kulit kering serta iritasi. 

baca juga

Kentang

Kentang

Sama dengan lemon, kentang juga terbukti ampuh mengangkat kulit mati. Caranya, kupas kentang, lalu parut dan aplikasikan pada ketiak. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan bersih. Kentang juga bisa diaplikasikan tanpa diparut, cukup dipotong. Namun, pilih kentang yang agak besar, sehingga bisa diterapkan penuh di ketiak. 

Mentimun

Mentimun

Selain mencerahkan, mentimun dapat membuat mengembalikan kesegaran atau kelembapan kulit. Kamu dapat mengaplikasikannya dengan cara mengiris atau atau memarutnya. Setelah itu, terapkan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas

baca juga

Kunyit

Kunyit

Tak hanya berkhasiat memutihkan, kunyit juga memiliki sifat antibakteri, sehingga membantu menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Caranya, kupas kunyit, lalu parut dan tempelkan pada ketiak secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Kamu juga dapat mencampurkannya menggunakan perasan air lemon. 

Liday Buaya

Liday Buaya

Kandungan aloesin dalam lidah buaya dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan terhambatnya enzim ini, lidah buaya dapat bekerja mencerah kulit, termasuk ketiak.

Caranya, ambil lidah buaya, lalu kupas dan oleskan pada ketiak. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. 

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Mulai sekarang simpanlah kulit jeruk usai memakannya. Kulit keruk tidak hanya mengakat sel kulit mati, tapi juga memutihkan ketiak.

Caranya mudah, jemur kulit jeruk di bawah matahari hingga mengering. Kemudian, tumbuk menjadi halus seperti bubuk dan campurkan dengan air mawar atau susu secukupnya. Aduk sampai merata dan oleskan pada ketiak. Diamkan kurang-lebih 15-20 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.