Kaum hawa masa kini pastinya nggak bisa lepas nih dari skincare. Apalagi kalau usianya sudah memasuki 20-an ke atas. Rasanya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit itu wajib. Skincare routine pun jadi asupan harian. Eits, tapi, nggak semua skincare baik digunakan setiap hari, nih, Ladies. Yuk simak produk skincare apa saja yang harus dihindari pemakaiannya terlalu sering!
 

Produk eksfoliasi seperti scrub dan peeling

Dalam skincare routine, pernah dengar dong soal tahap eksfoliasi? Produk eksfoliasi ini bakal membantu menyingkirkan tumpukan sel kulit mati yang menjadi sumber wajah kusam. Perlu diketahui, eksfoliasi ini terbagi jadi dua, yakni physichal exfoliator seperti scrub wajah dan chemical exfoliator seperti peeling berbentuk gel, toner, atau pad.

Namun, melakukan tahap eksfoliasi ini nggak boleh dilakukan setiap hari, lho. Meski efeknya membuat kulit terasa bersih. Jika kamu menggunakannya tiap hari, kulit wajah bakal iritasi dan mengikis lapisan kulit epidermis. Selain itu, bisa juga mengikis habis sebum alami kulit wajah menimbulkan breakout. Tipsnya, gunakan cukup satu minggu sekali atau maksimal dua kali, deh.
 

Produk eksfoliasi seperti scrub dan peeling
baca juga

Cleansing Brush

Cleansing brush pada dasarnya juga berfungsi mirip dengan eksfoliasi wajah. Apalagi menggunakan cleansing brush lebih efektif membersihkan kotoran dua kali lebih cepat ketimbang tangan. Namun, penggunaan alat pembersih satu ini nggak dianjurkan setiap hari, lho.

Meski bulu sikatnya terasa lembut, menggunakannya secara berlebihan bisa membuat wajah lecet dan iritasi. Tipsnya, cukup gunakan saat kulit wajah sedang bermasalah. Misalnya ada banyak komedo atau sehabis menggunakan makeup super tebal.
 

Cleansing Brush

Skincare yang Mengandung Retinol

Pernah dengar soal retinol? Bahan ini merupakan salah satu kandungan yang biasa ditemui dalam skincare. Retinol merupakan kandungan yang bisa melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari dan mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, beberapa skincare mengambil kandungan ini sebagai bahan utama.

Namun, para ahli dermatologi ternyata nggak terlalu merekomendasikan bahan ini, lho. Sebabnya, retinol bisa terlalu kuat bagi beberapa jenis kulit. Reaksi buruknya menimbulkan sensasi rasa terbakar dan mengelupas. Disarankan buat menggunakan skincare berbahan retinol ini nggak lebih dari dua kali, lho.
 

Skincare yang Mengandung Retinol
baca juga

Petroleum jelly

Petroleum jelly biasanya digunakan sebagai pelembap di daerah bibir atau kulit kering. Namun, sebenarnya bahan ini nggak menyerap ke dalam kulit, lho. Kenyataannya, petroleum jelly bisa menciptakan lapisan yang mengunci kelembapan, tapi juga mencegah udara atau kelembapan lain masuk. Oleh karena itu, kulit pun jadi kering dan nggak disarankan untuk penggunaan harian.
 

Petroleum jelly

Itu dia daftar skincare yang nggak boleh digunakan tiap hari karena efeknya pada kulit. Ada yang suka kamu gunakan rutin? setelah baca,kamu jadi tahu deh!