Beberapa orang memiliki kulit berminyak, sementara yang lain menderita kulit sensitif. Namun, ada juga individu yang memiliki kulit sensitif dan berminyak sekaligus, yang bisa sedikit lebih menantang tetapi masih bisa diobati.

Sama seperti kulit berminyak normal, kulit sensitif berminyak juga rentan terhadap jerawat dan berjerawat. Tak perlu khawatir, ini dia tips merawat kulit sensitif dan berminyak untuk kamu.

Kulit Berminyak dan Sensitif

Image source : www.hypebeast.com

Kulit sensitif berminyak rentan terhadap berjerawat seperti halnya kulit berminyak biasa. Perbedaan utamanya adalah, selain rentan terhadap jerawat, kulit juga bereaksi lebih mudah terhadap stres sehari-hari seperti perubahan suhu. Mungkin gatal atau merah, misalnya. Hal tersebut bisa sangat tricky untuk merawat kulit dengan kondisi seperti itu.

baca juga

Gunakan Toner Non Alkohol

Image source : www.bustle.com

Toning merupakan tahapan wajib dalan skincare routine. Tahapan yang tak boleh kamu lewati. Kamu yang memiliki kulit berminyak dan sensitif, cobalah untuk menghindari toner dengan kandungan alkohol.

Alkohol dapat merusak skin barrier. Hal ini akan memperparah kondisi kulit sensitifmu. Kalau kamu belum merasa nyaman menggunakan toner non alkohol untuk kulit berminyakmu, kamu dapat mencari opsi dengan kandungan alkohol yang lebih sedikit.

Gunakan Produk Non Comedogenic

Image source : www.thesun.co.uk

Tips lainnya untuk pemilik kulit berminyak dan sensitif adalah hindari produk yang dapat menyumbat pori-porimu. Pilihlah produk skincare atau makeup yang non-comedogenic.

Kamu dapat melihat informasinya di belakang kemasan, atau mencari informasinya terlebih dahulu di web. Hal ini bisa membuat pilihan produkmu semakin sedikit, tapi kamu tentu tidak mau kan kulitmu iritasi. Kamu dapat menerapkannya saat memilih face oil, moisturizer, foundation, primer, dan produk lainnya.

baca juga

Lakukan Chemical Exfoliate

Image source : www.hipwee.com

Memiliki kulit berminyak dan sensitif juga mengharuskan kamu untuk tetap melakukan eksfoliasi. Hanya saja, kamu harus menghindari jenis physical exfoliator, seperti scrub.

Hal itu dapat memperparah kulit sensitifmu. Karena scrub akan "menggerus" kulit lebih kasar. Kamu dapat menggunakan peeling gel, atau exfoliating toner. Tapi ingat sekali lagi ya, hindari produk dengan kandungan alkohol.

Pilih Kandungan yang Tepat

Image source : www.ratanasiam.com
Satu lagi tips untuk kamu si kulit berminyak dan sensitif. Pilihlah kandungan yang tepat dan aman bagi kulit berminyak dan sensitif.

Jangan terlalu terobsesi untuk menghilangkan minyak pada wajahmu. Karena bisa jadi itu akan berbahaya bagi kulit sensitifmu. Pilihlah produk yang gentle. Kamu dapat memilih kandungan witch hazel, aloe, squalane, calendula, niacinamide, oatmeal, allantonin, dan lainnya.