Tidur harusnya jadi waktu beristirahat agar keesokan harinya merasa segar dan semangat. Namun, banyak orang-orang pernah mengalami tubuh menjadi lemas dan lelah yang membuat kondisi tubuh jadi tidak fit saat ingin melakukan aktivitas.

Banyak orang juga beranggapan tubuh lemas dan lelah saat bangun tidur disebabkan kurang beristirahat. Padahal, kondisi seperti ini bisa terjadi karena disebabkan dengan kebiasaan yang sering kamu lakukan selama beraktivitas di siang hari atau menjelang tidur. Kira-kira hal apa saja yang menjadi penyebab tubuh lemas dan lelah saat bangun tidur? Yuk, simak!

Main Gadget Hingga Larut Malam

Main Gadget Hingga Larut Malam

Saat ini hampir semua orang susah sekali untuk meninggalkan gadgetnya meskipun itu sudah memasuki waktu tidur. Mereka akan membuka media sosial untuk mengecek status teman-temannya, update status dan melihat postingan gambar sampai menunjukkan waktu sudah tengah malam lalu kamu pun baru bisa tidur.

Hal ini tentunya menjadi kebiasaan yang enggak baik yang bisa menurunkan kualitas tidur kamu. Alangkah baiknya sebelum tidur membaca buku dan melakukan peregangan agar tidur bisa lelap.

baca juga

Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Seperti yang kita tahu, minuman yang memiliki kandungan kafein bisa membuat kita tidak mudah mengantuk. Karena itu, jika mengonsumsi minuman yang mengandung senyawa saat sore atau malam hari itu akan membuat kamu terjaga sampai larut malam. Dengan keadaan ini pun membuat kamu tidur saat larut malam dan esokan harinya kamu mengeluhkan badan menjadi lemas.

Anemia

Anemia

Tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Tubuh terasa lelah dan lemas di pagi hari juga bisa disebabkan oleh salah satu penyakit, yaitu Anemia. Anemia bisa menyebabkan kurangnya hemoglobin dalam darah seseorang, yang dapat menyebabkan seseorang jadi mudah merasa lelah dan lemas saat bangun tidur. 

baca juga

Stres

Stres

Tak bisa dipungkiri, stres dapat memengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan tubuh terasa lelah dan lemas saat bangun tidur. Saat seseorang mengalami stres, itu biasanya mereka akan sering terbangun di malam hari dan sulit saat mencoba kembali tidur. Karena itu, hal tersebut dapat mengurangi kuantitas tidur kamu dan tubuh jadi terasa lelah dan lemas saat bangun tidur.

Kurang Berolahraga

Kurang Berolahraga

Beautynesian, apakah kamu rajin berolahraga atau tidak? Kalau tidak, coba deh lakukan olahraga secara rutin. Karena, sebuah studi mengatakan saat seseorang melakukan olahraga sebanyak 3-4 kali permingging itu bisa meningkatkan kualitas tidur kamu.

Olahraga juga bisa menyehatkan tubuh, meredakan stres, membangkitkan suasana hati yang positif dan menenangkan diri. Jika kamu melakukan olahraga secara rutin, dijamin deh kamu akan tidur lebih lelap dan enggak akan merasakan tubuh lemas dan lelah di pagi hari.