Merawat kesehatan wajah memang merupakan sebuah kewajiban. Merupakan bagian dari usaha menjaga kesehatan tubuh, tentu saja banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Apalagi, wajah merupakan area kulit yang paling terekspos dan rentan mengalami masalah.

Makanan dan Minuman Ini Wajib Kamu Hindari Kalau Punya Wajah Berminyak

Salah satu permasalahan yang suka bikin pusing kepala adalah: j-e-r-a-w-a-t. Yap, terjadinya peradangan pada wajah hingga menimbulkan reaksi seperti kemerahan dan benjolan putih pada wajah ini pastinya akrab ya Ladies, terjadi pada wajah kita.

Apalagi jika kamu memiliki wajah yang berminyak, jangan heran kalau jerawat sering “menyapa” wajahmu. Namun, ternyata ada lho, makanan dan minuman yang harus dihindari oleh pemilik wajah berminyak, jika tidak ingin panen jerawat! Berikut adalah list makanan dan minuman yang harus kamu jauhi:

1. Makanan Tinggi Glisemik

Di urutan pertama, terdapat makanan tinggi glisemik yang harus kamu hindari. Makanan dengan indeks glisemik yang tinggi, seperti nasi putih, roti putih, sereal sarapan, dan kentang merupakan makanan yang memicu lonjakan insulin serta gula dalam darahmu. Jika tubuhmu mengandung lebih banyak gula dari yang seharusnya, hal ini bisa memicu jerawat lho!

1.	Makanan Tinggi Glisemik

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa beralih mengonsumsi makanan rendah glisemik seperti biji-bijian, ubi jalar, serta sayur mayur untuk mencegah jerawat datang.
 

baca juga

2. Susu Sapi

Tak cuma makanan, ternyata minuman juga mampu merangsang timbulnya jerawat Ladies, contohnya saja susu sapi. Sama seperti makanan tinggi glisemik, susu sapi juga mampu meningkatkan gula darah dalam tubuh sehingga berisiko menimbulkan jerawat. Hal ini karena tingginya kadar insulin mempercepat produksi sebum (minyak) dalam kulit. Wah, bahaya kan kalau kamu sudah memiliki kulit berminyak, lalu ditambah minyak lagi?

2.	Susu Sapi

Tak hanya mempercepat produksi sebum, susu sapi juga memiliki hormon pertumbuhan yang dapat mendorong tumbuhnya sel-sel kulit yang berpotensi menghalangi pori-pori. Jika pori-pori wajah tersumbat, kotoran yang menumpuk di dalamnya bisa menjadi jerawat.
 

3. Gorengan

Selanjutnya, makanan yang harus kamu hindari adalah: gorengan. Gorengan memang identik dengan makanan yang memiliki banyak lemak dan minyak serta tinggi kandungan asam lemak omega-6. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat.

3.	Gorengan

Untuk menanggulangi hal ini, kamu bisa mengganti makananmu menjadi makanan yang direbus, salad sayur dan buah.
 

baca juga

4. Kafein

Hayooo ngaku, siapa di antara kamu yang merupakan pecinta kopi? Jangan kaget ya kalau wajahmu berjerawat. Hal ini karena minuman kafein seperti kopi ternyata memicu jerawat, lho! Hal ini dikarenakan minuman berkafein dapat membuat tubuhmu kekurangan cairan. Kekurangan cairan bisa membuat kulitmu dehidrasi dan akhirnya berjerawat. Oh no! Nggak mau, kan?

4.	Kafein


 

5. Cokelat

Makanan ini pasti akan membuatmu shock. Iya, ternyata cokelat merupakan makanan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat, lho! Ada sebuah penelitian di Belanda yang menjabarkan bahwa cokelat bisa meningkatkan peradangan dan mendorong infeksi bakteri, sehingga membuat jerawat lebih parah. Jadi, pastikan kamu mengurangi konsumsi cokelat jika kamu rentan berjerawat, ya!

5.	Cokelat