Mengenal Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal yang Dialami Vidi Aldiano
source: https://www.instagram.com/vidialdiano/

Pada akun Instagramnya, penyanyi ganteng berusia 29 tahun Vidi Aldiano membuat video permintaan doanya untuk keberhasilan operasi yang dilakukan di Singapura.  Dalam caption unggahannya tersebut penyanyi tembang "Nuansa Bening" ini mengatakan :

I have cancer. Mohon doanya, dan mohon maaf apabila selama ini ada salah kata atau perbuatan. I love you guys". 

Apa itu kanker ginjal, dan apa penyabab dan gejalanya? 

Apa itu Kanker Ginjal?


Apa itu Kanker Ginjal?
source: https://id.pinterest.com/rmlangevin/

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan tidak normal pada sel-sel jaringan tubuh. Kanker ginjal sendiri adalah penyakit kanker yang menyerang awal pada organ ginjal manusia.

Manusia memiliki dua buah ginjal yang berfungsi untuk menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Organ ginjal juga berfungsi untuk memproduksi hormon renin untuk mengendalikan tekanan darah dan hormon erythropoietin untuk  pembentukan sel darah merah. Sehingga gangguan pada organ satu ini dapat berpengaruh pada sistem fungsi organ tubuh. 

baca juga

Apa Penyebab Kanker Ginjal?


Apa Penyebab Kanker Ginjal?
source: https://id.pinterest.com/karenfitz64/

Penyebab dari penyakit berbahaya satu ini belum dapat dipastikan secara medis saat ini. Namun, para dokter mendeteksi bahwa penyakit ini disebabkan oleh mutasi sel sel jaringan pada organ satu ini. Mutasi ini menyebabkan sel ginjal berubah tidak terkendali dan abnormal. Kumpulan sel sehingga membuat jaringan baru berupa tumor yang dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh lainnya. 

Walaupun belum dapat dipastikan penyebab dari penyakit ganas satu ini, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko dari penyakit ini seperti pola hidup yang tidak sehat, merokok, obesitas, melakukan cuci darah dalam waktu yang panjang, bekerja di lingkungan yang tercemar zat berbahaya dan memiliki keluarga yang menderita kanker ginjal. 

Gejala Kanker Ginjal


Gejala Kanker Ginjal
source: https://image.freepik.com

Kanker biasanya belum menimbulkan gejala yang nyata pada awal kemunculannya. Tetapi setelah stadium lanjut penderita kanker ginjal akan merasakan gejala seperti :

  • Demam
  • Keluar keringat di malam hari
  • Anemia
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Berat badan menurun
  • Nyeri dan bengkak di sekitar punggung bawah dan pinggang.
  • Berubahnya warna urine menjadi kemerahan atau kecokelatan karena telah bercampur darah.
  • Batuk darah jika kanker telah menyebar ke paru-paru.
  • Nyeri tulang jika kanker telah menyebar ke tulang.
  • Pembengkakan pembuluh darah di sekitar testis (terjadi pada pria).
  • Kelenjar di bagian leher membengkak.